JS Corporex - шаблон joomla Mp3

Workshop Detasir untuk Peningkatan Kemampuan SDM Fungsional

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Peserta workshop terdiri atas 12 kepala KSPHP BPTP NAD, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Masing-masing peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan bidang kebutuhan Detasir di masing masing BPTP, baik itu kebutuhan detasir magang maupun detasir mentoring.

Workshop tersebut menampilkan pembicara dari BB Litvet dan BB Mektan selaku penyelenggara program Detasir pada 2014. BB Litvet mempresentasikan hasil kegiatan detasir 2014 dengan tema ”Peningkatan Deteksi Dini Penyakit Hewan Menular Strategis dan Zoonosis Serta Cara Penanggulangannya”, sedangkan BB Mektan mempresentasikan hasil kegiatan detasir 2014 dengan tema “Pengoperasian dan Perawatan Alat dan Mesin Pertanian”. Adapun usulan program Detasir pada tahun 2015 disampaikan oleh Balitkabi dengan tema ”Magang Dalam Rangka Mendukung Program Swasembada Kedelai”, BB Biogen dengan tema ”Magang Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Peneliti Dalam Inventarisasi dan Karakterisasi SDG Pertanian” dan BB Pasca Panen dengan tema ”Magang Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Peneliti Dalam Teknologi Pasca Panen”. Sedangkan Balai Besar Pengkajian menyampaikan materi mengenai Kebutuhan Peningkatan Kapasitas SDM di BPTP.

Para peserta workshop Detasering dari BPTP yang hadir dalam kegiatan magang berpendapat bahwa kegiatan magang sangat penting untuk membantu pelaksanaan tugas pemagang ketika kembali ke tempat kerjanya. Untuk itu diperlukan : (a) program yang berkelanjutan untuk mengimplementasikan hasil magang, (b) peserta magang dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan kegiatan strategis di lingkungan kerjanya antara lain sebagai Liasion Officer (LO), (c) kegiatan magang dilanjutkan untuk berbagai aspek lainnya, dan (d) Peserta magang diharapkan menjalin jejaring kerja antar sesama peserta, mentor, institusi penyelenggara terkait dengan aspek magang, dan (e) BPTP peserta workshop diharapkan dapat disertakan di dalam kegiatan magang tahun 2015.