Category: Berita

Beberapa hal yang menjadi topik bahasan dalam workshop adalah sebagai berikut:

Tim pokja SDM, tim sarpras dan kerjasama Balitbangtan agar dapat mereview dan menganalisa apakah kegiatan belanja modal (sampai 2018) di satker-satker mempunyai manfaat dan akan berdampak dalam mendukung program di masing-masing satker sesuai dengan tupoksinya.

Pada komponen pengelolaan dan pengembangan SDM, masih banyak jenis manfaat yang bisa diambil, seperti program sandwich, post-doc, conference, seminar, scientific exchange, dan visiting scientist. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan pegawai Balitbangtan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebagai peneliti profesional dan mengembangkan jejaring internasional untuk mendukung visi Balitbangtan sebagai Lembaga Penelitian berkelas dunia.

Pada komponen peningkatan infrastruktur dan fasilitas, satker yang melaksanakan kegiatan pada tahun 2018 agar membuat rencana sesuai dengan program yang sudah menjadi kebijakan dari pimpinan. Pengadaan infrastruktur dan fasilitas diperlukan perancangan (disain) dan pelaksanaan pelelangan yang baik untuk menghasilkan pelaksana yang mempunyai kualifikasi yang terbaik, sehingga akan menghasilkan infrastruktur dan fasilitas yang berkualitas tinggi. Dan untuk satker yang telah membangun dan mengadakan peralatan agar segera menggunakan dan memanfaatkannya dalam mendukung program dan kebijakan dari Kementan.

Tak kalah penting, untuk kegiatan pada komponen manajemen penelitian dan dukungan kebijakan, untuk mewujudkan cita-cita bersama, banyak kebijakan Kementan yang digulirkan untuk mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan. Balitbangtan dituntut dapat menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai, sehingga priority setting program penelitian perlu ditata sesuai dengan komoditas prioritas. Diseminasi teknologi ditekankan pada inovasi yang menjanjikan untuk diterapkan petani sehingga mendapatkan nilai tambah dari usahataninya.

Copyright © 2018 SMARTD. (Sustainable Management of Agricultural Research and Technology Disseminations).