Category: Berita

Workshop telah dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2018, dibuka oleh pak Sekretaris Balitbangtan dan diikuti oleh para inventor dan peneliti unit kerja lingkup Balitbangtan. Sebagai tema workshop adalah pengukuran dan verifikasi Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) mendukung percepatan komersialisasi teknologi hasil Balitbangtan. TKT merupakan indikator seberapa siap atau matang suatu teknologi dapat diterapkan/diadopsi oleh pengguna (Level 1-9). Pengukuran TKT sangat penting, karena arah kegiatan riset akan mendasarkan pada output sebagai basis seleksi dan penentuan besaran pendanaan. Arah penelitian dituangkan dalam Perpres No. 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pada Pasal 62 (4) : Pelaksana penelitian ditetapkan berdasarkan hasil kompetisi atau penugasan. Perpres telah ditindaklanjuti oleh Permenristekdikti No. 20/2018 tentang Penelitian. Output penelitian berupa penelitian dasar (TKT 1-3), terapan (TKT 4-6), atau pengembangan (TKT 7-9) dan TKT bermanfaat untuk mengurangi risiko pemanfaatan teknologi tersebut serta tindak lanjutnya.

Workshop dilakukan dengan tujuan untuk mensosialisasikan TKT Balitbangtan (1. TKT Varietas Tanaman, 2. TKT Galur/Rumpun Ternak, 3. TKT Pupuk, 4. TKT Pestisida, 5. TKT Obat-Obatan, 6. TKT Pengolahan dan Pascapanen, 7. TKT Perangkat Uji, Alat dan Mesin Pertanian); memverifikasi kesiapterapan teknologi litbang untuk kegiatan pengkajian dan diseminasi, serta teknologi-teknologi yang dalam proses pendaftaran Paten dan menyempurnakan Pedum TKT Balitbangtan. Selain tentang TKT, pada acara ini juga dipresentasikan Business Canvas Model (BMC) yang terkait pada tahapan pengukuran TKT oleh Direktur Taman Sains Tekno IPB.

Setelah workshop ini, para inventor dan peneliti unit kerja lingkup Balitbangtan diharapkan dapat memverifikasi Tingkat Kesiapterapan Teknologi yang dihasilkan.

Copyright © 2018 SMARTD. (Sustainable Management of Agricultural Research and Technology Disseminations).